Widget HTML Atas

Lengkap ! Cara Membuat Grup Whatsapp dan Pengaturannya

Cara Membuat Grup Whatsapp - Sebentar lagi puasa ya, tidak terasa begitu cepat waktu berlalu pasti akan ada perbincangan bukber, reoni dan lain sebagainya, kemudian untuk acara itu pasti akan ada salah seorang teman yang membuat grup whatsapp atau malah kamu yang akan membuat grup whatsapp ya ?

Berikut ini cara membuat grup whatsapp beserta pengaturannya lengkap kami berikan tutorialnya untuk kamu.

Ya, kamu tepat sekali,, memang whatsapp sekarang ini media chatting yang sangat populer dan paling mudah digunakan, baik personal maupun berkelompok atau grup.

Tetapi kalau misal kamu seseorang yang tidak suka kebisingan grup yang sering banget ada notifikasi obrolan anggota grup, kemungkinan kamu akan ilfil, itu konsekuensi ketika masuk disuatu grub wa  yang setiap hari pasti rame.

Apalagi kalau masih awal-awal dibuat atau pas mendekati acara yang akan di buat misalnya bukber atau reoni atau mungkin acara kumpul-kumpul biasa.

Mimin akui memang seru sih

Kita sama saja kali! kapan lagi kan bisa kumpul sama temen seperjuangan. Ngobrol ngalor-ngidul ,bercanda, saling bully atau ngobrol soal bisnis, usaha dan lain sebagainya, serius itu seru banget.

Oh iya, ngomong-ngomong kamu tadi mau buat grub wa ya ?

Sabar bro, caranya gampang banget kok,,

"yaudah sih min cepet kasih tutorialnya"

Iya,, iya,, sabar kenapa sih

"kebanyakan cerita kamu min"

hehe maaf, yaudah deh, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan kalau mau bikin grup wa, simak baik-baik ya, biar nggk usah tanya "haha"

Tutorial membuat grup wa

Buka aplikasi WA > Menu Titik Tiga > Grup Baru > Pilih Kontak / Anggota > Buat Nama Grub > Selesai
Cuma 6 langkah bro, jadi yang pertama silahkan buka dulu aplikasi whatsapp mu.

Selanjutnya pilih menu titik tiga yang terletak di pojok kanan atas, selanjutnya pilih grub baru.

Nah, kamu akan masuk ke halaman pilih kontak, silahkan pilih kontak yang ingin kamu jadikan anggota grub.

Udah di tandai semua anggota grub nya ?

Lihat pojok kiri bawah, silahkan klik tanda panah warna hijau

dikolom "ketik subjek grup di sini" disana tempat membuat Nama Grup nya misalnya "BUKBER 2020" atau yang lainnya terserah kamu, atau sesuaikan dengan acara yang akan dilakukan.

Ada centang warna hijau ya? silahkan klik tombol itu

Dan selesai...

Sekarang kamu sudah punya grup wa baru

Saran mimin tambahkan deskripsi grup seperti peraturan didalam grup misalnya gini nih :

Peraturan Grup :
- Dilarang Spam
- Dilarang Ngomong Jorok
- Dilarang Kirim Gambar P0rN#
- Dst

Nah kira-kira seperti itu bro.

Caranya gimana min ?

Begini caranya bro,,

Cara menambah deskripsi grup wa

 Buka Grup > Klik Nama Grub > Tambah Deskripsi Grup
 Caranya cuma gitu doang loh, jadi silahkan buka grupnya, dan sekarang coba lihat atas.. itu nama grupnya silahkan di klik

Kamu akan masuk kehalaman pengaturan grup, disana terdapat menu tambah deskripsi grup silahkan pilih itu

nah sekarang tambahkan deskripsi grupnya, contohnya di atas

jika sudah, dibagian bawah ada tombol OKE

Oh iya, kamu juga perlu membatasi akses anggota grup biar nggk se-enaknya sendiri bro.

biasanya anggota grup yang jail itu suka ubah nama, ubah icon, atau ubah deskripsi juga.

nah sebagai admin kamu perlu membatasi itu biar anggota grup tidak bisa merubah, artinya yang bisa merubah hanya admin seorang

eh sebentar-sebentar kok kaya kata-kata "hanya adek seorang" ciee ehemm

"apasih min"

krik krik , yaudah lupakan, yok lanjut saja

Jadi caranya gini bro

Cara membatasi akses mengubah nama, icon dan deskripsi grup

Buka Grup > Klik Nama Grup > Setelan Grup > Edit Info Grup > Pilih Hanya Admin > Oke
Udah bisa belum ? kalo belum tak jelasin nih

Jadi silahkah buka grupnya, kemudian klik pada nama grupnya. Terus cari menu yang bunyinya setelah grup

udah ketemu ?

yaudah itu silahkan di klik

selanjutnya pilih edit info grup, yang di dalamnya ada 2 pilihan untuk di aktifkan salah satunya.

dihalaman tersebut ada informasi "pilih siapa yang dapat mengubah subjek, ikon, dan deskripsi grup ini.

silahkan pilih / aktifkan Hanya Admin

dan pilih oke, pengaturan selesai.

Tapi masih ada lagi loh,,

kalau misalnya kamu nggk pengen grupnya rame atau kamu cuma pengen komunikasi satu arah

artinya hanya admin yang bisa chat, sedangkan anggota grup cuma bisa baca doang

itu bisa di atur juga kok

tapi kalau ini saya nggk menyarankan, menurut saya kurang seru aja gitu.

tapi kalo kamu mau, caranya seperti ini:

Cara membatasi pengirim pesan grup wa

Buka Grup > Klik Nama Grup > Setelan Grup > Kirim Pesan >Pilih Hanya Admin > Oke
Silahkan buka grupnya dan klik pada nama grup

selanjutnya pilih setelan grup di halaman setelan pilih kirim pesan

akan ada halaman top up kirim pesan yang informasinya seperti ini "pilih siapa yang dapat mengirim pesan ke grup ini"

silahkan pilih / aktifkan Hanya Admin

Kemudian pilih oke untuk mengakhiri pengaturan.

Sampai disini ada pertanyaan ?

Kalau ada di tampung dulu dan tanyakan di kolom komentar ya...

Sekarang saya dulu yang tanya, pengen nambah admin grup nggk sih ?

Ini misal ya, kalau kamu pengen nambah admin grup wa mu caranya begini bro

Cara menambah admin grup 

Cara satu
Buka Grup > Klik Nama Grup >Setelan Grup > Edit Admin Grup >Pilih Admin / yang mau di jadikan admin
Tidak usah dijelaskan udah bisa lah ya ?

Oke sebenerya ada yang lebih simpel bro, pengen tau ? begini caranya

Cara dua
Buka Grup >Klik Nama Grup > Scroll kebawah (Cari anggota yang mau di jadikan admin) > Klik Tahan > Jadikan Admin grup
Untuk cara kedua seperti biasa buka grupnya kemudian klik nama grupnya

nah sampai disini silahkan scroll atau gulirkan kebawah untuk mencari anggota/kotak grup yang akan kamu jadikan admin

sudah ketemu ?

kalau sudah Klik Tahan kontak anggota itu sampai muncul pilihan menu

kalau sudah muncul pilih Jadikan Admin Grup

Tunggu prosesnya selesai dan sekarang adminnya bertambah

woah, ngetik lumayan capek ya ternyata.

Tentang-tenang mimin usahakan informasi nya lengkap dan mantap

jadi jangan bosen membaca ya, oh iya kamu juga bisa menonaktifkan / membisukan notifikasi grupnya lo

jadi hp mu nggk brisik walaupun anggota grupnya rame

caranya gimana min ?

Penasaran ya ? hehe

Cara membisukan notifikasi pesan grup

Buka Grup > Klik Nama Grup > Bisukan Notifikasi
Simpel ya bro, buka grup terus klik nama grub selanjutnya tepat di bawah deskripsi ada menu bisukan notifikasi

sebelah kanannya ada tombol kan ya ?

Nah itu silahkan di aktifkan, dengan cara menekannya. Jika sudah aktif tandanya berwarna hijau

dan sekarang harusnya tidak ada notifikasi lagi dari grup yang kamu bisukan notifikasinya.

Gimana tertarik membisukan notifnya ?

Kalo nggk gini aja deh, misal kamu nggk pengen membisukan, tapi pengen notif grub yang kamu miliki itu beda suaranya kah atau getar nya kah atau lainnya, yang jelas notifikasinya beda sama pesan personal.

Bisa kamu atur dengan cara seperti ini

Cara gunakan notifikasi khusus

Buka Grup > Klik Nama Grup > Notifikasi Khusus > [Centang] Gunakan Notifikasi Khusus

Di awal langkahnya sama buka grup lalu klik nama grup kemudian pilih menu notifikasi khusus.

Dihalaman notifikasi ada pilihan gunakan notifikasi khusus disamping kanan nya ada kotak kecil

silahkan klik / centang kotak kecil itu untuk mengaktifkan

jika sudah di aktifkan maka menu di bawahnya yang tadinya tidak aktif sekarang menjadi aktif.

Atur sesuka kalian dan jika sudah silahkan kembali

"Waduh min ternyata anggota grubnya ada yang belum masuk"

Hemm, tenang jangan panik,  karna bisa di tambahkan kok

nah untuk menambah anggota kamu bisa langsung menambahkan melalui kontak, atau dengan cara membagikan link grup agar anggotanya itu masuk sendiri.

caranya gini..

Cara menambah anggota / peserta grup

Buka Grup > Klik Nama Grup > Tambah Orang (pojok kanan atas) > Tandai Kontak 
Untuk menambah kontak  yang belum masuk grup kamu bisa menambahkannnya dengan cara diatas

yaitu dengan cara yang pertama silahkan buka grupnya kemudian klik di bagian nama grup

selanjutnya klik ikon tambah orang di bagian pojok kanan atas, ada kan ?

tandai kontak / anggota yang ingin di masukan

jika sudah tekan tombol centang hijau pojok kanan bawah.

Selesai...

oh iya kamu juga bisa menambahkan anggota dengan cara membagikan link grup

kalau misalnya kamu nggk punya kontak atau males menyimpan kontak orang yang mau masuk grup, kamu bisa gunakan link grup agar orang itu bisa  masuk sendiri melalui link tersebut.

cara membuat link nya seperti ini

Cara membuat link grup whatsapp

Buka Grup > Klik Nama Grup > Undang Via Tautan > Salin Tautan / Bagikan Tautan
sama saja silahkan buka grup kemudian klik nama grupnya nah tepat dibawahnya "tambah peserta" ada menu undang via tautan.

silahkan pilih itu

selanjutnya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, disini saya sarankan untuk memilih salin tautan

ya lebih fleksibel aja sih

dan link yang kamu salin tadi bisa di bagikan kemana saja, bisa ke facebook, instagram atau ke kontak wa mu yang lain.

udah gitu doang

Cara mengeluarkan anggota grup

Buka Grup > Klik Nama Grup > Pilik Anggota yang mau di keluarkan [ klik ] > Keluarkan
Silahkan langkah nya ikuti di atas, kemudian cari nama kontak / anggota yang mau di keluarkan, jika sudah ketemu silahkan di klik

akan muncul menu pilihan

silahkan pilih keluarkan .... (nama kontak)

ada notifikasi berupa pertanyaan "keluarkan (nama kontak) dari grup (nama grup) ?

jika benar-benar yakin ingin mengeluarkan kontak tersebut maka pilih OKE

kalau sudah dikeluarkan seharusnya nomornya sudah tidak berada digrup lagi.

Sudah jelas ya ?

Kalau belum jelas kamu bisa tonton video tutorialnya di channel cara pintar 



Oh iya sebenernya masih ada lo cara menghapus grup whatsapp, tapi sepertinya artikel kali ini sudah cukup panjang ya

yaudah dibahas pada artikel selanjutnya aja ya bro...

Penutup

Mungkin sampai disini saja tutorial kali ini tentang cara membuat grup whatsapp, semoga bermanfaat untuk anda.

Kalau ada pertanyaan seputar blog ini silahkan bertanya di kolom komentar.

Oh iya kamu juga dapat memberi masukan apa saja, mungkin tulisannya, atau tata bahasa yang kurang pas atau penyampaian yang kurang sesuai dengan maksud dan tujuan materi yang di bahas

Kami sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca sekalian demi kemajuan blog jalankutu.

Terimakasih banyak & sukses selalu.


Mr.Delle's
Mr.Delle's Hii,saya Mr.Delle's seseorang yang sangat suka dengan dunia Internet (Blogging,Youtube),Game Mobile Legends, Travelling dan Makan Banyak ^_^

Tidak ada komentar untuk "Lengkap ! Cara Membuat Grup Whatsapp dan Pengaturannya"

Berlangganan via Email