Cara Melihat Spesifikasi Laptop & Tips Beli Laptop Second

Cara Melihat Spesifikasi Laptop & Tips Beli Laptop Second

Hay sobat kutu, kali ini saya akan bagikan tutorial tentang cara melihat spesifikasi laptop.Tidak hanya cara cek spek nya saja. Kali ini saya juga akan bagikan tips untuk membeli laptop second. Jadi silahkan di simak ya sob.

Untuk melihat spesifikasi kalian bisa melihatnya tanpa aplikasi tambahan maupun dengan aplikasi. Jika tanpa aplikasi tambahan maka kalian bisa melihatnya di Properties PC atau bisa juga menggunakan dxdiag.

Atau jika kalian menggunakan aplikasi tambahan maka bisa menggunakan CCleaner (Namun informasinya hanya yang utama, jadi cuma memperlihatkan windows berapa ,versi bit, processor, RAM dan juga VGA nya).

Selanjutnya kalian juga bisa menggunakan CPU-Z, jika kalian menggunakan aplikasi ini informasi nya cukup lengkap. Jadi sangat direkomendasikan untuk kalian gunakan. Kembarannya juga bisa kamu gunakan yaitu GPU-Z untuk tampilannya mirip-mirip.

Ada satu lagi yaitu Speecy, untuk yang ini tampilannya lebih kekinian sob, lebih enak dilihat dan tentunya juga informasi spek yang ditampilkan sangat detail.

Cara Cek Spek Laptop / Komputer


Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini :

1. Lewat Properties PC


Langkah-langkahnya silahkan buka file explorer - dibagian This PC / My Computer silahkan klik kanan - kamudian silahkan klik properties. Disana kamu dapat melihat rincian informasi laptop tersebut. 

Atau bisa juga buka melalui control panel - system and security - system. Selanjutnya kamu dapat melihat gambar berikut ini.

berikut ini adalah cara cek spek laptop lewat control panel

2. Menggunakan DXdiag


Cara mudah untuk melihat spek laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan dxdiag, untuk mempraktikannya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Klik kanan pada Menu Home (Star) 
  • Silahkan pilih Run
  • Kemudian ketikan DXdiag 
  • Selanjutnya silahkan klik Ok
Maka akan membuka windows Directx diagnostic tool, yang di dalam nya juga berisi informasi tentang laptopmu, ada beberapa sub yaitu sistem, display, sound, dan input, yang didalamnya ada detail informasi.


3. Menggunakan CCleaner


Untuk clean master kamu bisa melihatnya di bagian atas aplikasi, seperti yang saya katakan di awal bahwa jika menggunakan aplikasi ini yang di tampilkan hanya informasi utama saja jadi tidak ditampilkan info lengkapnya. Kalau cuma pengen melihat processor, ram dan juga vga nya, saya rasa cukup menggunakan aplikasi ini.


4. Menggunakan CPU-Z dan GPU-Z


Dua aplikasi ini mirip-mirip, saya yakin kalian belum punya, maka dari itu jika belum punya silahkan download terlebih dahulu aplikasinya dan instal. Untuk cara instalnya sangat mudah kok sob. Downloadnya dimana ? Cari aja di google, banyak banget dan ukurannya nya pun kecil.

Kalau lengkap-lengkapan informasi, sepertinya CPU-Z lebih lengkap di banding GPU-Z. karna kalau yang cpu-z sampai informasi mainboard nya pun di tampilkan. Lebih jelasnya dua tampilan aplikasi tersebut ada di bawah ini :


5. Menggunakan Aplikasi Speecy


Berikut ini aplikasi terakhir buat lihat spek laptop. Sebenarnya masih ada sih, tapi menurut admin segini aja udah cukup deh. Nah speecy ini paling admin rekomendasikan, karna yang paling sering admin gukanan.

Karna menurut saya informasinya lebih jelas dan lebih detail dibanding yang sudah saya sebutkan di atas. Di speecy ini kamu bisa melihat info utama dan juga bisa melihat rinciannya.

Adapun menu yang terdapat didalamnya yaitu, summary melihat ringkasan spek, oprerating system melihat detail dari sistemporasinya itu sendiri, kemudian CPU, RAM, Mainboard, Graphics, Storage atau penyimpanan, Optical drives, Audio, Peripherals, dan Network/jaringan.

Dari aplikasi ini kamu bisa melihat keseluruhan info spek laptop mu. Kira-kira aplikasinya seperti ini

berikut ini adalah Cara Melihat Spesifikasi Laptop yang dapat kamu pakai saat membeli laptop bekas.

Nah itu saja cara cek spek laptop ataupun komputer. Selanjutnya baca tips beli laptop second.

Tips Membeli Laptop Second


Sekarang kamu sudah tahu kan caranya melihat informasi spek laptop. Selanjutnya saya akan kasih tips ketika kamu mau beli laptop bekas, mungkin tips ini akan berguna buat kalian, jadi silahkan di simak ya sob.

1. Pastikan kondisi fisik 90% mulus


Iya sob, karna kondisi fisik menandakan bahwa laptop tersebut terawat atau tidak. Ya walau bukan jaminan juga sih, tapi saya rasa kalau luarnya bagus kemungkinan dalamnya juga bagus. Jadi itu ya sob, kalau mau beli laptop bekas, lihat dulu casingnya, baru dalemnya. 

2. Cek keseluruhan spek laptop 


Nah, ini cara cek nya sudah tahu kan tadi, jadi lihat sedetail-detailnya, namun yang paling utama cek Processornya, RAM, VGA dan Storage/penyimpanannya yang lebih familiar kapasitas Hardisk berapa.

Khusus Processor nya kamu perlu tahu Generasi keberapa. Ini berpengaruh banget terhadap performance laptop saat digunakan saat bekerja.

Lihat generasinya

Langsung saja contohnya processor laptop saya : Intel Core i3-3217U
  • Intel = merupakan nama/merk nya
  • Core i3 = ini adalah jenis processornya
  • 3217U = lihat angka 3 diawal, itu adalah generasi nya
Jadi laptop saya memiliki processor dengan merk Intel dengan jenis core i3 dan generasi 3. Semakin besar generasinya akan semakin baik , misal generasi 4,5,6 dan seterusnya.

Lihat suhu nya juga

Kamu juga perlu melihat suhunya sob, dari motherboard nya, CPU/Processornya dan hardisk nya. Kalau suhunya tinggi misal sampai 99 drajat celcius, sepertinya perlu di pikir lagi, karna jika demikian laptopnya akan panas banget. Lihatnya di aplikasi Speecy tadi ada.

3. Cek batrainya


Yang sering terjadi saat beli laptop sacond, nggk bisa di chas, atau kadang batrainya cepat habis, dan lain sebagainya. Jadi saat dalam pengecekan silahkan di cek dahulu. Pertama di Chas beberapa menit, apakah dayanya masuk atau tidak. Kemudian jika sudah cabut chargernya dan shutdown kemudian hidupkan lagi apakah ada perubahan yang signifikan terkadap daya penyimpanan batrai. Jika itu terjadi lebih baik jangan di beli, karna batrai sekarang ini agak mahal bos hehe. Tapi kalau mau tombok ya silahkan dibeli haha.

4. Cek harga pasaran


Silahkan cek harga pasarannya, di grub-grub facebook atau di marketplace yang ada seperti Olx atau yang sejenisnya. Kamu juga perlu menonton review nya di youtube supaya lebih mantap lagi saat membeli barang second tersebut.

Lalu apa lagi ya, hmm

Saya rasa cukup deh, mungkin dari temen-temen semua yang sudah baca artikel ini, jika ada tambahan silahkan berkomentar. Atau jika ada pertanyaan silahkan bertanya bisa lewat kontak atau komentar di kolom komentar. Akan saya jawab secepatnya dan sepengetahuan saya.

Terimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar