Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas

halo sobat kutu, kali ini saya akan bagikan cara kompres video tanpa mengurangi kualitas menggunakan handbrake, handbrake merupakan aplikasi yang di gunakan untuk mengompres ukuran sebuah video agar nantinya ukuran dari video tersebut menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

Berawal dari projek yang saya buat orderan dari perangkat desa, saya di suruh merekam dan mengedit tari kiprah jaranan. Saat itu saya menggunakan kamera DSLR, ya pasti ukuran nya sangat besar, di tambah lagi full HD.

Waktu itu belum saya edit ukurannya sudah sangat besar. ditambah lagi saya edit menggunakan sony vegas, kemudian saya render, ternyata video malah tambah besar, hari itu saya sedikit panik karna malam harinya video tersebut akan di pakai, dan saya harus upload ke youtube, pikir aja ukuran video lebih dari 1 Gb jaringan di desa lemot bisa lama banget kan ngunggahnya. Tetapi saya mencoba tenang, sabar dan tentunya mencari cara bagaimana mengecilkan ukuran video tersebut. Dan akhirnya bertemulah dengan handbrake.

Nah, itulah sedikit cerita tentang awal mula saya memakai aplikasi ini, sekarang bagaimana cara menggunakannya ? tenang sob akan saya jelaskan berikut ini yang insyaallah dapat membantu mu dalam meminimal kan video mu agar tak menghabiskan kuota saat upload di youtube.

1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi handbrake nya, terserah mau download dimana yang jelas kamu punya aplikasinya. Kemudian instal dan jalankan. Jika sudah di jalankan maka kamu akan di hadapkan dengan tampilan menu utama.

Pilih Open Source, di bagian pojok kiri atas, silahkan klik menu tersebut untuk mulai memasukan video yang akan di kompres.


2. Pilih File ( Open a single video file), silahkah klik menu tersebut kemudian cari video yang akan di kompres. Atau kamu juga bisa langsung drop video mu ke layar [ Or drop a file or folder here...] iya tarik video dari penyimpanan mu ke layar tersebut.


3. Masuk di tab menu Dimensionns kemudian Atur width dan height nya, sesuaikan dengan Source. Kalau source video saya : 1920x1080, jadi hal yang saya lakukan adalah mengganti width 1912 menjadi 1920, begitupun dengan heightnya jika berbeda dengan sourcenya maka rubah dan sesuaikan.


4.  Selanjutnya masuk ke tab menu Video, dan atur Qualitynya. Jika kamu menggeser ke arah Placebo maka videomu akan semakin besar ukurannnya. Jika kamu menggeser ke arah Lower Quality maka ukuran video mu akan semakin kecil.

Idealnya geser kearah Lower Quality 25 - 30 jika lebih dari itu bisa mengurangi kualitas videomu. Biasanya saya cukup puas di angka 25.

Seperti video saya sebelunya di angka 20 kemudian saya geser lower qualitynya menjadi 25. Ini sangat fleksibel jadi sesuaikan saja dengan videomu. Yang perlu di ingat lagi range terbaik menurut saya 25 - 30. 

Jika sudah silahkan pilih lokasi drive (ditandai dengan nomor 2 pada gambar di bawah) untuk menyimpan video hasil kompresan. Setelah itu pilih Star Encode (no 3) dan tunggu proses mengkompres selesai.


jika sudah selesai, kamu bisa melihat hasil kompresanya di drive penyimpanan. Silahkan lihat properties dari video sebelum dan setelah di kompres. Maka kamu akan tahu berapa selisih ukuran dari kedua video tersebut. Dan lihat videonya kemudian bandingkan.

Selama ini saya melakukan pengkompresan terlihat videonya tidak berkurang kualitasnya. Namun jika video mu kualitasnya berkurang mungkin langkah yang kamu lakukan salah, coba periksa kembali di bagian Qualiti dan sesuaikan  lower qualitynya kembali.

Barikut ini adalah hasil kompresan video saya sebelum dan sesudah di kompres menggunakan handbrake.


Baiklah cukup sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada pertanyaan silahkan komentar di kolom komentar. sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar