Cara Beli Tiket Kapal Laut Merak Bakauheni 2019

Cara Beli Tiket Kapal Laut Merak Bakauheni 2019


Kali ini saya akan berbagi pengalaman naik kapal dari bakauheni ke merak (waktu berangkat), begitu pula sebaliknya. Awalnya saya waktu itu bingung dan bertanya-tanya dalam hati gimana ya cara beli tiket kapal laut merak ke bakauheni (waktu pulang). Ya, namanya juga masih pertama kali, dan sendirian.

Ceritanya saya dari lampung ingin pergi ke jakarta barat. Saya berangkat dari rumah sekitar pukul 09:00 wib, kebetulan rimah saya lumayan deket yaitu di jabung. Jarak dari jabung ke bakau kalau hitungan waktu sekitar 1 jam 30 menit, ini kalau santai. Kalau kebut saya kemarin hanya 1 jam udah sampai.

Tibanya saya di gerbang pelabuhan bakauheni, saya bingung mau arah kemana, pepatah mengatakan malu pertanya sesat di jalan. Karna saya tidak mau tersesat maka saya bertanya kepada satpam yang ternyata malah di arahkan ke petugas loket.

Disana saya di jelaskan ternyata di tahun 2019 untuk pembelian tiket kapal sudah beralih ke nontunai. Artinya kita di haruskan memiliki kartu seperti atm, katanya kartu indomaret juga bisa tapi aku juga belum pernah mencobanya. Nah waktu itu aku buat kartu sekalian isi saldo, karna aku bawa motor jadi saldo yang ku isi adalah untuk pengendara motor sebesar Rp.135.000 untuk pulang pergi beserta kartu.

 Jika di uraikan harga tiket pengguna motor adalah Rp.51.000 untuk pergi, dan Rp.51.000 untuk pulang, jika di jumlah berarti Rp.102.000 ( biaya tiket). Berarti biaya bikin kartu Rp.33.000.

Oh iya, tempat pembuatan kartu dan tempat pembelian tiket berbeda tempat. Untuk membuat kartu ada tempat seperti loket biasanya dekat dengan gerbang masuk yang bertuliskan bank BNI, lebih jelasnya tanya saja sama satpam atau orang.

Jika sudah membuat kartu dan isi saldo sekarang langsung saja beli tiketnya di loket. Jangan salah loket ya, karna loketnya juga beda-beda. Pengguna mobil sendiri sesuai kapasitas dan ukuran dan pengguna motor juga sendiri, tapi kalau jalan kaki aku belum tahu. Tapi ada plang tulisannya kok, jadi tenang saja.

Serahkan kartu mu ke petugas loket, petugas loket akan mencatat nomor plat motor dan membuat tiket. setelah itu kita akan di beri tiket yang berwarna merah serta struk pembelian.

Setelah beli tiket kita arah kemana ? pasti bingung kan. Tenang saja sob setiap tikungan arah dermaga sudah ada petugas yang berjaga, nanti kita akan di arahkan ke kapal untuk menyabrang. Setelah sampai ke dermaga akan ada petugas yang mengumpulkan tiket. Serahkan tiketnya yang berwarna merah tadi, jangan sampai salah ya, nanti kartunya yang kamu kasih hehe. Jika sudah kita tinggal tunggu sampai di suruh masuk oleh petugas.

Tips parkir kendaraan di dalam kapal :

Saya punya tips buat kalian jika memakirkan kendaraan terutama motor saat di dala m kapal.
- Standar 2 kendaraan anda
- Pastikan di kunci stang
- jika ada pengunci remdepan silahkan digunakan (optioanal)
- pastikan tidak ada barang berharga tertinggal di kendaraan
- kunci helm biar aman / jika perlu di bawa saja

Baiklah mungkin cukup sekian, di postingan berikutnya saya akan mereview kapal yang saya tumpangi ketika nyebrang dari bakauheni ke merak dan dari merak ke bakauheni. Semoga bermanfaat sampai jumpa.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar