Skip to main content

Cara Screenshot di Laptop Asus Windows 7

Selamat malam sobat jalankutu, kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai cara screenshot di laptop asus terutama pada laptop yang bersistem oprasi windows 7. Karena implementasi yang saya lakukan di win7, tetapi bukan berarti pada windows 8 maupun 10 tidak bisa berjalan. Pada dasarnya cara ini dapat di gunakan pada windows di berbagai versi, jadi jangan salah paham, judul postingan ini hanya agar sesuai dengan yang saya lakukan.

Screenshot merupakan suatu hal yang dilakukan oleh user atau pengguna laptop maupun komputer untuk mengambil/memotret layar yang di inginkan. Biasanya karna pada tampilan layar ada hal penting yang ingin di jadikan sebuah gambar atau ketika membuat sebuah tutorial yang membutuhkan gambar untuk langkah-langkahnya. Ya, contohnya seperti yang saya lakukan. Pada saat membuat artikel ini saya juga melakukan screenshot.

Dalam melakukan screenshot ada banyak cara teman-teman. Jadi kamu bisa menggunakan fungsi tombol pada keyboard mu , biasanya tombol (PrtSc SysRq) letaknya kira-kira di pojok kanan atas. Jika kamu menggunakan fungsi tombol, berarti kamu wajib memerlukan bantuan aplikasi lain seperti "Paint" ini paling mudah. Kamu juga bisa memakai aplikasi bawaan windows yatu "Snipping Tools".

Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi luar yang perlu kamu download dan menginstalnya pada komputermu, tapi untuk ini saya sarankan tidak usah. kalau ada yang mudah kenapa harus di bikin susah. Kalau ada bawaan asli windows kenapa harus download aplikasi lain. Jadi gunakanlah dengan maksimal fungsi yang sudah tersedia.

1. Screenshot dengan tombol (PrtSc SysRq)

Untuk melakukan SS menggunakan tombol keyboard, silahkan buka layar yang ingin anda SS kemudian tekan tombol PrtSc SysRq, biasanya terletak di pojok kanan atas seperti halnya keyboard laptop yang saya foto di bawah ini.



Buka aplikasi Paint kemudian paste, kamu bisa menekan tombol ctrl+v atau juga bisa dengan klik kanan pada mouse lalu pilih paste. Maka layar yang kamu ss tadi akan di tempel pada lembar kerja di paint.


Setelah itu save /simpan gambar tersebut di drive D atau drive biasa kamu menyimpan gambar, biasanya tipe file/gambar yang di simpan melalui paint berupa PNG, dan gambarnya berukuran kecil.

2. Screenshot dengan snipping tools

Klik Star pojok kiri bawah atau pada icon windows kemudian cari Snipping Tools, bukalah aplikasi tersebut dan kita mulai untuk melakukan screenshot.


Saat membuka aplikasi snipping tampilan terlihat biasa saja, namun ketika kita mengklik tombol New pada snipping maka layar akan sedikit blur, dan saat itu pula kita lakukan pemotretan layar yang ingin kita jadikan gambar, silahkan seleksi bagian yang ingin di ss.


Kemudian setelah kamu lakukan potret pada bagian layar yang kamu inginkan, setelahnya akan otomatis di arahkan ke halaman projek snipping, disana kamu bisa mengedit gambar tersebut dengan peralatan yang ada. Jika sudah silahkan pilih menu file > save as. Simpan di drive yang biasa kamu menyimpan gambar.


Sampai disini cara SS yang menurut jalankutu paling mudah. Silahkan di praktikan, semoga saja dapat membantu semua orang yang kesulitan dalam ss layar. Sampai bertemu di postingan selanjutnya sampai jumpa, jangan lupa bahagia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar