Cara Mengatasi No Audio Output Device is Installed

Cara Mengatasi No Audio Output Device is Installed

Kasus no audio output device is installed mungkin sering terjadi pada pengguna windows baik windows 7/8/10. Seperti halnya yang teman saya alami beberapa hari yang lalu. Dia panik "waduh laptop ku rusak, nggak ada suaranya, kalau buat mutar musik dan video". Mas wahyu tolong benerin laptopku dong.

Awalnya saya biasa saja, karna pertama kali saya berfikir. ah ini mungkin hanya drivernya yang bermasalah. Kemudian saya coba cek drivernya saya uninstall dan instal lagi, kemudian saya restart laptopnya. Ternyata tidak ada perubahan, tetap saja audionya tidak bersuara.

Disini saya mulai panik, dan hampir putus asa, dan merekomendasikan untuk dibawa ke dokter laptop "mungkin ini hardwarenya sudah rusak bro", kata saya. Tapi saya fikir kembali , masak iya si laptop baru beberapa bulan udah rusah speakernya, sepertinya tidak mungkin.

Akhirnya saya coba cari cara di google menemukan sebuah cara untuk mengatasinya ternyata berhasil. Mengingat kemampuan ingatan saya terbatas, mungkin saja 1-2 tahun kedepan saya mengalami hal yang sama saya bisa buka lagi tulisan ini. Dan tidak kalah penting untuk membantu kamu yang mengalami hal yang sama.

Memperbaiki audio tidak bersuara

Cara 1

Cara paling umum yaitu dengan mngecek drivernya seperti yang saya lakukan, pada crita di paragraf awal tadi. caranya gimana mas? masuk ke dalam device manager > cari sound, video and game controller. Sekarang coba update drivernya.

Atau kamu bisa coba cara yang pernah saya buat sebelumnya tentang memperbaiki audio yang tidak bisa bersuara juga. Siapa tahu berhasil. >  Mengatasi The Audio Service Is Not Running kasus ini menurut saya sama.

Cara 2 

1. Silahkan tekan Windows+R pada papan keyboard anda.
2. Ketik devmgmt.msc kemudian enter (maka akan masuk ke dalam device manager.
3. Pada halaman devive manager, di menunya pilih Action > Add legacy hardware.

No Audio Output Device is Installed

4. Selanjutnya kamu akan masuk halaman Add Harware, silahkan klik Next saja.


5. Selanjutnya kamu akan diberi 2 pilihan akan menginstall secara otomatis atau manual, Pilihan pertama secara otomatis pilihan kedua secara manual, dan yang perlu kamu pilih adalah yang kedua yaitu Install the hardware that I manually select from a list (Advanced). Kemudian klik next.



6. Pada tahap ini kamu perlu memilih hardware mana yang akan kamu tambah. Silahkan pilih Sound, video and game controllers kemudian next.


7. Selanjutnya silahkan memilih sound device driver pada device manufacturer, kemudian next. Dan untuk memulai instalasi silahkan klik next lagi.

Jika penginginstalan sudah selasai, hal yang kamu lakukan adalah kembali pada device manager dibagian bawah Sound, video and game controllers ada perangkat yang baru saja kamu instal, silahkan klik kanan dan kemudian klik enable.

Sampai tahap ini seharusnya proses sudah selesai, untuk itu silahkan restart laptop atau komputer anda, semoga sound anda sudah berbunyi. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar. Selagi saya dapat menjawab pasti akan saya jawab dengan senang hati, selamat mencoba.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar