Cara Format Flashdisk Yang Benar

Cara Format Flashdisk Yang Benar

Halo sahabat onliners, kali ini jalankutu akan berbagi Cara Format Flashdisk Baru dengan benar. Saat flashdisk kita penuh dengan file-file yang sudah tidak digunakan atau terkena virus, file sampah, dan lain sebagainya. Maka pastinya kita wajib untuk melakukan penghapusan.

kalau sudah dihapus tetapi kapasitasnya masih berkurang?, wah itu berarti ada banyak file sampah yang terhidden di dalamnya teman-teman. Kalau sudah begitu maka yang perlu kita lakukan adalah memformat nya. Terus bagaimana caranya? Ya ini akan saya bikinkan tutorialnya "hehe". Jadi disimak dan baca step-stepnya dengan seksama, "jiah kayak ngisi jam pelajaran aja wkwk". Okelah pokoknya disimak aja dibawah ini :

1. Pahami dulu sebelum memulai

a.Capacity

Kapasitas flashdisk yang kamu miliki, ini biasanya default jadi nggak ada pilihan lagi selain full kapasitas dari flashdisk itu sendiri.

b. File System

Secara garis besar pilihan yang ada pada flasdisk ada 3 yaitu 
  1. NTFS (New Technology File System) merupakan teknologi baru yang dapat menyimpan full sesuai kapasitas nya jika 8 GB ya bisa di gunakan semua.
  2. FAT (File Allocation Table) kalau ini biasanya terbatas jika flashdisk mu berkapasitas 8GB, maka kamu hanya bisa memakai 4GB dari kapasitas sebenarnya.
  3. exFAT (Extended File Allocation Table, atau seringkali salah disebut sebagai FAT64) adalah sebuah sistem berkas proprietary yang cocok untuk digunakan oleh media-media penyimpanan berbasis memori flash.

c. Allocation unit size

Banyak pilihan yang tersedia, namun baiknya biarkan saja default jangan dirubah-rubah. Sebernya fungsi nya untuk membantu proses waitting/tungggu saat digunakan. Kalau size nya semakin besar maka performa sistem saat membaca file akan baik, begitu pula sebaliknya. Tapi baiknya silahkan biarkan default.

d.Volume label

Kalau kamu mau memberikan nama flashdisk mu ya disini tempatnya jadi silahkan isi sesuai dengan nama yang kamu inginkan.

2. Langkah-langkah memformat flashdisk 

1. Langkah pertama colokkan atau hubungkan flashdisk yang akan kamu format ke laptop/komputer.
2. Bukalah windows explorer dan klik kanan pada drive flashdisk, kemudian akan muncul banyak pilihan dan silahkan kamu pilih Format.

Cara Format Flashdisk Baru dengan Benar

3. Langkah selanjutnya atur pilihan yang kamu inginkan, disana terdapat capasity (biasanya kalau saya tak biarkan default), file system ada 3 pilihan (NTFS, FAT32, exFAT - pilih NTFS), allocation unit size ( biarkan saja), Volume label ( jika kamu ingin memberi nama flashdisk mu disitu tempatnya silahkan ganti nama sesuai dengan keinginanmu : misal - jalankutu)

cara format flashdisk di laptop

4. kemudian klik star, maka proses pemformatan dilakukan. Namun sebelunya ada peringatan terakhir  yang meyakinkan apakan anda ingin memformat flashdisk, jelasnya lihat gambar dibawah ini

cara format flashdisk baru di komputer

5. jika proses sudah selesai maka akan ada informasi muncul bahwa format telah selesai.

cara memformat flashdisk

Selesai sudah langkah-langkahnya. Cukup mudah bukan? terimakasih sudah mampir di blog jalankutu dan membaca tutorial yang saya berikan, jika banyak kekurangan dalam penulisan saya minta maaf, jika ada kritik dan saran silahkan berkomentar. 


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar