Cara Merawat Flashdisk Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Flashdisk Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Jalankutu kali ini akan berbagi cara merawat flashdisk agar awet dan tidak mudah rusak. Sebagaimana kita ketahui bahwa flaskdisk adalah salah satu media penyimpanan sebuah data yang berupa softcopy. Artinya tidak berbentuk cetakan/hardcopy. Bentuknya yang mungil mampu menyimpan banyak data seperti foto, file, dan lain sebagainya.



Dulu sering sekali saya mengalami yang namanya flaskdisk rusak, itu di karenakan oleh banyak hal seperti misalnya virus, kemudian asal cabut tanpa di eject , terlalu sering memformat. Berkaitan dengan permasalahan tersebut saya bermaksud memberikan cara agar flasdisk mu tidak cepat rusak. Adapun caranya dapat kamu simak di bawah ini :

1. Eject sebelum di cabut

Sebenarnya ini adalah hal sepele yang sering di hiraukan oleh banyak orang, namun tanpa di sadari hal tersebut dapat berakibat fatal yaitu flasdik akan rusak. Untuk mencegahnya saya sarankan agar kamu membiasakan untuk meng eject saat akan di cabut dari perangkat komputer.

2. Jangan sering format

Keseringan memformat piranti tambahan yang mungil ini juga tidak baik. Maka dari itu jangan terlalu sering, biasanya kalau kita terlalu sering melakukan hal itu kapasitas penyimpanan flasdisk akan hilang atau yang tadinya NTFS menjadi FAT 32 sehingga kapasitas penyimpanan akan mengurang.

3. Jauhkan dari panas

Pada dasarnya semua perangkat elektronik sangat peka terhadap panas tidak terkecuali flasdisk. Panas juga dapat merusak komponen yang ada, jadi hindarkan dari panas seperti halnya dalam jok motor atau di atas Tv, pokoknya di area panas.


4. Jangan sampai terkena air

Biasanya kita sering lupa, kalau meletakan flasdisk di dalam saku baju ataupun celana. kemudian di cuci dan akhirnya basah terus jadinya rusak. hadeeh jadi perlu di ingat untuk kamu yang sering lupa mulai detik ini jangan lupa lagi ya ^_^. Bisa juga terkena air hujan atau ketumpahan air dari gelas, pokoknya jangan sampai itu terjadi kalau ingin flasdisk mu awet.


5. Jangan di banting

Benda apapun kalau di banting atau terkena benturan keras bisa rusak, apalagi flasdisk yang ibaratnya sangat rentan, maka dari itu usahakan jangan sampai itu terjadi.

Baca : Cara Merawat Laptop Asus yang Baik dan Benar

6. Hindari edit file di dalam flasdisk 

Flasdik juga memiliki batas usia, biasanya sekitar kurang lebih 10.000 sampai 100.000 kali proses hapus tulis. Untuk menguranginya kalau bisa dan saya mohon di usahakan agar tidak edit file secara langsung di dalam flasdisk.


7. Scan virus

Biasanya anti virus yang paling mudah adalah Smadav (proteksi tambahan Usb) jika kamu menggukanan smadav silahkan scan secara teratur. Kalau menggunakan anvir lainnya lakukan juga hal yang sama.

8. Tutup selalu

Hal sederhana yang terkadang juga sering di lupakan. Seperti halnya kamu yang alergi debu, begitu pula dengan flasdisk yang rentan terhadap debu atau kotoran. Jika usb nya kotor karena tidak ditutup biasanya akan berakibat pada saat dicolokan tidak terbaca, atau proses gagal.

Demikian cara sederhana untuk merawat flasdisk mu agar tidak mudah rusak, semuanya dapat kamu lakukan tanpa biaya alias gratis "hehe". Saya doa kan supaya flasdiskmu awet. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya,,jangan sungkan ya.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar