Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Laptop Lemot pada Windows 7 , 8 , 10

Laptop lemot memang sangat menjengkelkan. Apalagi saat sedang bekerja dengan kondisi lumayan tergesa-gesa. Tetapi malah baru dipakai untuk bekerja lemotnya minta ampun. Maka dari itu pada artikel kali ini kami akan bagikan cara mengatasi laptop lemot pada windows 7 , 8 maupun windows 10.

Hal ini kami bagikan karena melihat orang-orang disekitar mimin yang kurang paham bagaimana cara mengatasinya. Mungkin juga termasuk kamu yang saat ini sedang membaca artikel ini. Laptop lambat bisa terjadi karena banyak faktor. Ingin tahu apa yang menyebabkan kenapa laptop lemot ? . Mungkin beberapa list penjelasan kami dibawah ini terkait penyebab laptop dapat menjawab pertanyaan anda.

Penyebab Laptop Lemot

Beberapa penyebab laptop mu jadi lemot adalah sebagai berikut
  • Spesifikasi perangkat rendah 
  • Banyak cache / file sampah yang tersimpan
  • Terlalu banyak aplikasi yang terinsall
  • Anti virus tambahan (smadav, avira dll) yang terus berjalan
  • Terkena virus
  • Salah instal aplikasi / program
  • Penyimpanan penuh
  • Perangkat RAM cuma 2 GB / dibawahnya
  • Processor dibawah Ci3 (Dual core, core 2 duo, celeron dll)
  • Sistem oprasi yang di pakai

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Spesifikasi laptop sangat berpengaruh ya bro. Jadi kalau laptop yang kamu miliki speknya rendah kemungkinan itulah faktor utamanya. Akan tetapi jika kamu sadar diri dan tidak terlalu memaksa laptop mu untuk bekerja berat-berat. Kami rasa kondisinya akan baik-baik saja.

Misalnya kamu punya laptop dengan spek rendah. Harus sadar ya bro, jangan instal aplikasi yang terlalu berat. Misalnya photosop, corel, atau aplikasi edit video seperti adobe premier dan lain sebagainya. Saya pastikan laptop mu akan sangat menjengkelkan. Nah, tapi kalau cuma buat microsoft office masih sangat oke lah.
  1. Bersikan sampah di recycle bin - Biasanya sampah dari file ataupun berkas yang kita hapus menumpuk di recycle bin teman-teman. Karena hal itu kapasitas penyimpanan hardisk yang ada di partisi disk C termakan olehnya. Untuk mengatasinya kamu dapat membersikannya  dengan menggunakan aplikasi cc cleaner atau bisa dengan menggunakan diskclean up (bawaan windows).
  2. Uninstall aplikasi tidak perlu - Biasanya bagi orang yang belum tahu mengenai aplikasi akan bingung dengan hal ini. Yang pernah saya alami pasti mereka bertanya begini "aplikasi tidak perlu seperti apa mas?". jadi begini teman-teman, aplikasi tersebut biasanya aneh, terus yang dapat menjadi patokan adalah anda tidak merasa menginstal tetapi disana terdapat aplikasi tersebut. Atau bisa juga anda memang sengaja menginstalnya tetapi tidak anda gunakan, nah itu saya sarankan untuk di hapus/uninstal saja.
  3. Rawatlah komponen hardware secara rutin - Umumnya hal ini sering terlupakan. Ya itu di karenakan tidak tahu bagaimana caranya. Solusinya bawa saja ke bengkel laptop untuk membersihkan komponen-komponen (kipas, motherboard dll) yang ada di dalam laptop anda. Paling tidak lakukanlah 1 tahun sekali.
  4. Scan virus secara rutin - Paling umum terjadi penyebab laptop lemot adalah di karenakan oleh virus. Virus membuat laptop anda bekerja keras karena selalu aktif di belakang layar. Sehingga saat anda menggunakan laptop tersebut akan menjadi lemot. Jika anda pengguna windows silahkan scan dengan aplikasi anti virus bawaan yaitu windows defender.
  5. Gunakan aplikasi versi lama - Saat anda upgrade aplikasi lama ke versi yang lebih baru tentunya akan ada banyak vitur tambahan yang tersedia. Cuman kemungkinan fitur tersebut mungkin banyak yang tidak anda gunakan, iya kan ? jika memang seperti itu saya sarankan mendingan anda memakai aplikasi versi lama saja. Agar kinerja laptop anda tetap stabil.
  6. Install ulang sistem oprasi - Biasanya kalau laptop lemot itu jug di karenakan oleh file sistem error. Jadi hal yang dapat anda lakukan adalah menginstal ulang sistem oprasinya. Tidak bisa ? silahkan ke bengkel komputer terdekat. Atau bukalah youtube untuk belajar instal ulang, ini sebenarnya sangatlah mudah.
  7. Upgrade RAM - Sebenernya yang paling riskan terjadinya laptop lemot itu di sebabkan oleh RAM yang kurang memadai. Umumnya saat baru beli kapasitas RAM paling tidak 2 GB atau 4 GB, namun melihat pekerjaan yang anda lakukan ternyata sangat berat. Saya sarankan untuk meng upgrade RAM, ya setidaknya 8 GB.
Itulah tips dari jalan kutu mengenai cara mengatasi laptop lemot, yang sudah terbukti karena berdasarkan pengalaman pribadi. Mudah mudahan dapat anda implementasikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar tanpa sungkan.
Mr.Delle's
Mr.Delle's Hii,saya Mr.Delle's seseorang yang sangat suka dengan dunia Internet (Blogging,Youtube),Game Mobile Legends, Travelling dan Makan Banyak ^_^

Berlangganan via Email